Sebuah produk yang akan diproduksi dalam jumlah banyak haruslah melewati beberapa tahap terlebih dahulu agar tidak terjadi kegagalan produk yang akan mengakibatkan kerugian pada perusahaan. Bisa kamu bayangkan bagaimana sebuah produk yang sudah dibuat dalam jumlah banyak, namun ternyata tidak menarik minat konsumen karena produk tersebut tidak berfungsi dengan baik atau sudah ketinggalan zaman bahkan sudah tidak dibutuhkan lagi pada saat ini. Oleh karena itu dalam menentukan produk yang akan dibuat secara masal, penting sekali melalui tahapan tertentu.
Tahapan Proses Perencanaan dan Pengembangan Produk
1. Tahap gagasan, yaitu ide-ide mengenai peluang usaha baru dimunculkan. Pada tahap ini mengumpulkan ide-ide dan dievaluasi untuk dimatangkan lebih lanjut. Misalnya informasi ukuran produk, ketahanan produk, bahan pokok, konsumen yang dituju dan lain-lain yang mendasar dari kriteria sebuah produk
2. Tahap Konsep, setelah mengevaluasi berbagai informasi dan menghasilkan gagasan, tahap selanjutnya adalah mempertimbangkan dan menganalisis gagasan dengan lebih seksama. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran dan rancangan pembuatan produk. Dalam tahap ini termasuk juga proses pembuatan sampel untuk calon pelanggan/costumer
3. Tahap pengembangan produk, yaitu membuat prototipe dan mengujinya, misal pengujian kekuatan bahan, ketahanan warna atas produk yang dibuat
4. Tahap uji pemasaran, yaitu mengukur tingkat penerimaan pasar terhadap produk yang akan dibuat secara massal. Pengujiannya dapat dilakukan dengan menyebarkan sampel kepada konsumen potensial. Jika hasil uji pemasaran positif, maka tahap selanjutnya adalah melakukan komersialisasi terhadap produk.
Sumber :
Buku Siswa, Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Nurul Bekti - 2020
Done mam🙏
BalasHapusOkta sudah mam
BalasHapusSaya sudah mam🙆
BalasHapusSamelia sudah mam
BalasHapusIndah sudah mam
BalasHapusDiva sudah mam
BalasHapus