Langsung ke konten utama

PENYELESAIAN TEPI BUSANA : DEPUN, SERIP, ROMPOK DAN KELIM

Penyelesaian tepi pakaian adalah salah satu teknik menjahit yang bertujuan untuk menghasilkan produk busana yang berkualitas, rapi dan indah. Penyelesaian tepi pakaian dapat berupa depun, serip, rompok dan kelim.

1Depun adalah penyelesain tepi yang letaknya berada pada bagian dalam/buruk busana dengan lapisan bentuk atau kumai serong. Depun digunakan untuk menyelesaikan tepi pakaian seperti garis leher dan kerung lengan agar tidak bertiras dan lebih rapi. Bahan yang digunakan untuk depun haruslah bahan yang sama dengan bahan utama. Pembuatan depun dibagi menjadi 2, ada yang disambung dengan vuring ada yang tidak. Depun yang tidak disambung dengan vuring diselesaikan dengan jahit tangan menggunakan sum sembunyi.

 Serip adalah penyelesaian tepi yang letaknya berada pada bagian luar / baik busana. Serip digunakan untuk menyelesaikan pinggiran busana seperti garis leher, kerung lengan, ujung lengan atau ujung rok.  Selain digunakan untuk menyelesaikan pinggiran busana serip juga berfungsi sebagai hiasan atau variasi busana dengan menggunakan bahan kombinasi yang serasi.

  Rompok adalah penyelesaian tepi yang menggunakan lajur serong / kumai serong.  Digunakan untuk menyelesaikan untuk lingkar kerung lengan, garis leher dsb. Selain untuk penyelesain tepi, rompok juga digunakan sebagai hiasan busana. Penyelesaian rompok dapat dijahit dengan mesin atau dengan dijahit tangan dengan sum sembunyi

4Kelim adalah penyelesaian ujung bagian busana yang dilipat sesuai tanda pola dan besanya kelim. Kelim biasa digunakan pada bagian bawah rok, celana, blus, kebaya, kemeja, jas dsb. Lebar kelim disesuaikan dengan penempatan dan jenis bahan yang digunakan. Kelim dapat diselesaiakan dengan mesin jahit atau dengan jahitan tangan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyelesaikan kelim:
1. Kelim terdiri dari 3 bagian yaitu lipat dalam, lebar kelim dan tempat kelim. 
2. Kelim lipat dalam pada umumnya ½ cm, akan tetapi bila bahan tembus terang maka lipat dalam sama dengan lebar kelim.
3. Lebar kelim menyesuaikan model yang diinginkan, misalnya: kelim rok suai 4 – 5cm dan kelim rok lingkar 1 – 2 cm.
 4. Untuk bahan tebal, kelim dibuat dari bahan tambahan yang sewarna yang bertujuan agar kelim tidak terlalu tebal.
 5. Untuk kelim pada bagian melengkung, berilah setikan atau jelujur renggang terlebih dahulu agar pada lipatan kelim tidak terjadi kerutan.

Macam-macam Kelim

·       Kelim sum
Cara membuat kelim sum yaitu liatkan pinggir rok sesuai lebar yang diinginkan, lalu tirasnya dilipatkan ke dalam ± 1cm dan dibantu dengan tusuk jelujur, kemudian di sum dengan jarum tangan. Menusukkan benang pada bahan maksimal 3 helai agar tidak terlihat bekas tusukannya. Agar sum tidak mudah lepas maka setiap 5 tusukan dimatikan. 

·       Kelim sumsang
Kelim sumsang dilakukan dengan cara yang sama seperti pada kelim sum biasa. Namun pada saat memasukkan benang dilakukan sebanyak dua kali pada lubang yang sama, sehingga kualitas kelim lebih kuat dan tidak mudah lepas.

·       Kelim tusuk flanel
Kelim flanel adalah kelim yang dilakukan pada tiras yang telah di obras. Cara membuatnya yaitu dengan melipat 3-5cm kemudian disum dengan tusuk flanel.

·       Kelim rompok
Kelim rompok adalah kelim yang tiras pada pinggir dirompok menggunakan bahan furing atau bahan yang lebih tipis kemudian diselesaikan dengan disum. Kelim rompok diterapkan pada bahan utama yang tebal

·       Kelim palsu
Kelim palsu adalah kelim yang dibuat dengan cara menyabungkan bahan utama dengan bahan lain untuk dibuat kelim. Kelim palsu biasanya diterapkan pada bahan yang pas atau tidak ada tambahan untuk kelim. Bisa juga diterapkan pada bahan yang sangat tebal. Teknik mengerjakan kelim palsu ini bisa dengan dijahit atau disum berdasar pada bahan pokok

·       Kelim sum mesin
Kelim sum mesin adalah kelim yang jahitan di bagian baik seperti sum tangan tetapi dengan menggunakan mesin, caranyapinggir kain dikelim dengan jelujur sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian dijahit pada sisa keliman dengan cara sepatu mesin sedikit diangkat, kemudian turunkan sepatu mesin dan jahit terus berulang-ulang sampai selesai

·       Kelim tindas
Kelim tindas yaitu kelim yang dijahit dengan mesin. Lebar kain menyesuaikan kebutuhan. Lipat 1cm ke dalam keliman kemudian dijahit tindas pada bagian ujung lipatan kelim ± 1mm dari tepi

·       Kelim konveksi
Kelim konfeksi yaitu kelim yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian produksi konfeksi. Kelim konfeksi biasa digunakan pada rok, blus, kemeja ataupum kelim celana. Caranya sama dengan kelim tindas tetapi perbedaannya terletak pada tusukannya. Kelim konfeksi terdiri dari 2 baris yaitu atas dan bawah (double) dan lebarnya 0,5 cm – 1 cm

Komentar

  1. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Marker Layout - Pembuatan Busana Industri

Penetapan jenis marker didasarkan pada motif kain (polos, garis, atau motif), lebar kain dan karakteristik kain. Jenis marker antara lain Solid Marker, One Way Marker, Two Way Marker, One Each Way Marker, Special Marker Block Marker 1. Solid Marker Solid Marker adalah semua pola dapat ditempatkan pada posisi bebas (arah lusi, pakan, maupun serong) tidak perlu mempertimbangkan jenis komponen garment. Jenis marker ini biasanya digunakan untuk jenis kain polos. 2. One Way Marker One Way Marker adalah semua pola dalam marker diletakan satu arah, dimana letak pola arahnya tidak boleh berlawanan. Biasanya marker ini digunakan untuk jenis kain corduroy, atau untuk jenis motif kain bunga border print,fabric one facing direction. 3. Two Way Marker TwoWay Marker adalah peletakan poladalam marker dapat dilakukan dua arah. Biasanya marker ini digunakan untuk jenis kain yang mempunyaidesigndenganrepeatyangsimetris. 4. One Each Way Marker Pengertian dari one each marker adalah pel

Macam-macam Pola Dasar Teknik Konstruksi

Definisi Pola merupakan potongan-potongan kertas yang berupa prototipe bagian-bagian pakaian atau produk jahit menjahit. Pola dijadikan contoh agar tidak terjadi kesalahan sewaktu menggunting kain. Pengertian pola dalam bidang jahit menjahit adalah potongan kain atau kertas yang dipakai sebagai contoh untuk membuat pakaian. Pola dapat juga dikatakan sebagai jiplakan bentuk badan yang biasa dibuat dari kertas, yang nanti dipakai sebagai contoh untuk menggunting pakaian seseorang, jiplakan bentuk badan ini disebut pola dasar. Pola  konstruksi  adalah  pola  dasar  yang  dibuat  berdasarkan ukuran badan si pemakai, dan digambar dengan perhitungan secara matematika sesuai dengan sistem pola konstruksi masing-masing. Pembuatan pola konstruksi lebih rumit dari pada pola standar disamping itu juga memerlukan waktu yang lebih lama, tetapi hasilnya lebih baik dan sesuai dengan bentuk tubuh si pemakai. Pola dasar pakaian wanita terdiri dari: a) Pola dasar badan muka dan belakang (pola